Dampak Radiasi Internet Bagi Kesehatan, Berbahayakah?

Dampak Radiasi Internet Bagi Kesehatan, Berbahayakah?

0 Shares
0
0
0

Cakupan Internet tentu saja memiliki tingkat gelombang frekwensi yang menggapai wilayah tertentu, untuk dapat ditangkap smartphone atau modem yang akhirnya digunakan agar dapat terhubung ke koneksi internet.

Apakah kamu selama ini khawatir bagaimana dampaknya? Atau berbahayakah radiasi dari gelombang internet ini bagi kesehatan?

Yuk kita lihat dibawah ini selengkapnya yang telah kami susun dan rangkum dari berbagai sumeber :

Frekwensi Gelombang Radio

Ketika seseorang menggunakan wifi atau perangkat elektronik dengan perangkat wifi, maka akan terpapar gelombang radio, dan sebagian akan diserap oleh tubuh manusia. Yang dikhawatirkan adalah gelombang radio ini dapat menyebabkan kerusakan pada sel manusia, sehingga memicu pertumbuhan sel kanker.

Sejauh ini, efek paparan frekuensi radio yang terbukti secara ilmiah adalah meningkatkan suhu tubuh sekitar 1 derajat Celcius. Namun, ini memiliki tingkat eksposur tinggi hanya di tempat-tempat tertentu. Dalam kondisi paparan normal, tidak ditemukan peningkatan suhu yang mempengaruhi kesehatan manusia.

Meskipun di beberapa negara / kawasan, wifi juga terkait dengan risiko penyakit tertentu (seperti penyakit saraf, penyakit jantung, dan kanker), belum ada cukup bukti atau bukti yang mendukung hal tersebut.

Radiasi yang Masih Dapat Ditoleransi Tubuh

Wifi diklasifikasikan sebagai pemancar non-pengion atau radiasi berenergi rendah. Mirip dengan radiasi yang dipancarkan sinyal ponsel, gelombang radio, televisi, gelombang mikro, dan radiasi ultraviolet (UV).

Selain itu, sinyal dari wifi dan WLAN tergolong sinyal yang sangat kecil, sekitar 0,1 watt pada komputer dan router. Dalam batas radiasi yang dikeluarkan oleh organisasi internasional, angka ini masih dapat diterima. Faktanya, gelombang radio yang dikeluarkan oleh wifi lebih rendah dari pada ponsel.

Sebuah survei baru-baru ini mengungkapkan bahwa pemaparan basis utama dan teknologi nirkabel publik ke gelombang radio masih jauh di bawah batas internasional yang diizinkan. Meski begitu, paparan radiasi yang ditimbulkan oleh wifi mungkin saja dipengaruhi oleh faktor lain, seperti penempatan router wifi yang tidak tepat. Oleh karena itu, pastikan untuk menempatkan router wifi setidaknya sejauh 20 cm dari ruangan. Tujuannya untuk mengurangi radiasi yang dihasilkan oleh wifi.

0 Shares
You May Also Like