Kenapa Keamanan Data Itu Penting dan Manfaatnya

Kenapa Keamanan Data Itu Penting dan Manfaatnya

0 Shares
0
0
0

Keamanan Data, sangat penting terkhususnya dizaman sekarang yang hampir semua bidang menggunakan Technology baik computer maupun Seluler. Karenanya pencurian data pribadi sangat rentan dan sering terjadi.

Oleh karena itu, untuk mempelajari lebih lanjut tentang mengapa keamanan data / keamanan data itu penting, silakan lihat petunjuk di bawah ini.

Hampir dapat dipastikan hampir seluruh WNI yang tinggal di Indonesia dan menggunakan nomor telepon Indonesia pernah mengalami pencurian data. Apakah Anda pernah menerima pesan teks penipuan hadiah uang tunai atas nama perusahaan besar? Mungkin mudah bagi Anda (orang yang membaca artikel ini) untuk mengetahui mana yang merupakan SMS palsu dan bukan. Jangan sampai kamu menjadi salah satu korban penipuan loh setelah mengetahui manfaatnya dibawah ini :

1. Mencegah potensi kerugian material

Pernahkah Anda mendengar tentang situasi di mana ibu Anda menginginkan pujian? Atau yang lebih ekstrim, menerima panggilan telepon dari orang asing, datang dengan berita buruk tentang keluarga Anda, dan kemudian meminta Anda untuk mengirim uang? Ya, pencurian data / informasi dapat menyebabkan banyak penyalahgunaan identitas. Di mana penipu mengetahui nomor ponsel Anda? Bagaimana mereka tahu nama keluarga Anda? Seseorang tahu di mana Anda bekerja!

Nyatanya, ini tidak sepenuhnya salah si pembohong. Namun, Anda mungkin orang yang tidak terlalu peduli dengan data pribadi / keamanan data Anda. Mainkan dan instal aplikasi tanpa mengetahui hak akses yang diberikan. Daftar di situs web yang tidak jelas. Cukup mendaftar untuk tertarik dengan godaan hadiah. Disadari atau tidak, label “anggota keluarga” di kaca belakang mobil bisa menjadi bencana. Itu hanya pada level pribadi, mari kita lihat kasus perusahaan.

2. Mengurangi risiko penyalahgunaan data / informasi

Pernahkah Anda mendengar seseorang kehilangan ponselnya dan kemudian menggunakan nomor ponsel korban untuk menipu mereka yang memiliki hubungan dengan korban (teman, anggota keluarga, kenalan, cinta rahasia, mantan istri, mungkin mantan pasangan cinta rahasia, dll.)? Atau apakah Anda sendiri pernah menjadi korban?

Sungguh, insiden ponsel yang “hilang” itu murni bencana. Namun bagaimana jika data KTP seseorang tersebar luas di Internet? Mungkin mereka tidak memahami data / informasi penting. Oleh karena itu, mudah bagi mereka untuk secara sukarela memberikan dokumen-dokumen ini ke situs web yang tidak jelas, atau bahkan aplikasi penipuan data yang menipu Free Cash. Data KTP dapat disalahgunakan untuk kegiatan penipuan lainnya. Itu hanya pada level pribadi.

3. Memperkecil peluang tindakan kriminal

Jika orang jahat mengetahui lokasi tempat tinggal, aktivitas sehari-hari calon korban, dan nomor ponsel calon korban. Mudah bagi penjahat untuk bertindak “secara kriminal”. Kasus-kasus tersebut diikuti oleh orang yang tidak dikenal, sehingga pesan teks yang mengancam sering diterima. Di awal September, pengguna YouTube bahkan dikejutkan oleh para korban “kejahatan” di dunia digital.

Gimana, sudah mengetahui donk manfaatnya diatas tadi? Yuk kita bersama untuk memperbaiki system keamanan digital milik sendiri untuk memperkecil kejahatan cyber terjadi.

0 Shares
You May Also Like